Selasa, 07 April 2009


Yup .. Katub Buluh RX-Z udah lama sering digunakan ke Raja.. Pengaruhnya sangat terasa pada respon tarikan jadi lebih cepat dibanding pake katub buluh standar Raja. Tentunya setingan karbu juga harus disesuaikan biar lebih mantaf. Apalagi buat mesin2 Raja yg udah dikorek dijamin lebih sip..

Selain katub buluh RXZ, Salah satu katub buluh yg bisa diaplikasikan ke Raja untuk mendapat performa lebih baik adalah katub buluh merek V Force. V Force Adalah merek Katub Buluh Racing yg banyak digunakan untuk kebutuhan balap yang sangat membantu meningkatkan akselerasi juga Horse Power. Katub buluh V Force memiliki design katub buluh yg sangat unik dengan twin ato triple katub dengan karakteristik bermacam-macam disesuaikan dengan karakter korekan raja. Keunikan lain adalah katub buluh V Force bebas dari service penyetelan katub buluh yang pada merek2 lain termasuk katub buluh raja sendiri ada penyetelan secara berkala. Hal tsb dikarenakan V Force menggunakan Material plat katub berkualitas tinggi, saya pernah mencoba menyetel dengan berbagai cara baik ditekuk sampe dipanaskan dikit lalu ditekuk tapi
tetap plat V Force balik ke bentuk asal. Katub buluh V Force dapat diproleh pada toko2 spare racing untuk motor (coba aje ke Bonjer III banyak tuh ada bermacam2 type). Tapi harganya wuiihh mahal bangaaat...

user posted image


Tapi kalo Rekan2 semua gak mau keluar uang buat beli katub buluh V Force ato RXZ, Ato juga gak mau nge-gerus leher intake blok (apalagi blok2 simpenan Y1-Y4), rekan2 Bisa memodif katub buluh RX-King standar ente dengan cara memperbesar ruang katub dengan bantuan bor tuner. Caranya lepas semua plat katub buluh, lakukan perbesaran sedikit-demi sedikit tapi harus merata, dan pada finishing akhirnya harus dipoles biar halus agar performa katub buluh tetap maksimal. Tunering katub buluh termasuk pekerjaan halus jadi buatlah sebaik mungkin dan serapi mungkin. Lalu pasang kembali semua katub trus pasang kembali ke intake, lakukan seting karbu untuk mengimbangi pasokan suply bahan bakar yg lebih banyak karena ruang dikatub buluh menjadi lebih besar. Terakhir kalo udah setingan mangtaf, tinggal di-test pada rabu malem bareng boykhe dan rekan2 yg laen di kemayoran... dijamin gak kalah maut ma yg pake katub buluh RXZ ato V Force...
lyos
kalo pakai katub buluh hattori (ninja) kan bs yah? mesti harus ngerubah bentuk, yg mau saya tanyakan performancenya lebih mantaff mana menggunakan katub buluh (valve) hattori atau RXZ, trus brp harga valve RXZ?

thanks
D 12 4 6 O N
nrii... ada yg nanya kyk semalem nohh...
terangin gih.. gw gak bs neranginnya...
henri_k_id
yup.. betul katub buluh ninja bisa diaplikasikan ke Raja cuma harus dimodif plat katubnya ato ada jg yg dibuang satu pada plat katubnya, Demikian juga Katub suzi RGR penyesuaian pd baut dll.

Saya pribadi sih belum pernah membenchmark ato melakukan uji perbandingan di katub RXZ dan Ninja kalo diaplikasikan ke Raja. Tapi kalo dibandingkan dengan performa katub buluh standar Raja Ya memang katub RXZ dan Ninja lebih maksimal, apalagi untuk Raja korekan.

harga katub RXZ udah dikasih tau diatas yaitu sekitar Rp.350 rebu.

Untuk modifikasi katub buluh kita bisa berpatokan pada prinsip kerjanya. Prinsip kerja katub buluh itu hampir sama dengan Klep pada motor 4Tak. Dua-duanya sama2 berfungsi mengantarkan lalu lintas pasokan suply bahan bakar ke ruang bakar. Bedanya klep berfungsi mengantarkan pasokan suply bahan bakar juga membuang hasil pembakaran ke exhaust, sedangkan katub buluh hanya mengatur pasokan searah saja setelah itu sesuai gerak piston dia menutup. Modifikasi untuk meningkatkan performance pada keduanya juga sama yaitu 1. pada motor 4tak digunakan Klep uk. Besar pada 2tak menggunakan ato dimodif agar ruang katub lebih besar, agar pasokan bahan bakar lebih banyak. 2. mempercepat kerja per klep ato mengganti per klep lebih keras agar pasokan suply bahan bakar dapat cepat masuk maksimal tanpa ada yg terbuang demikian jg pada plat katub buluh digunakan katub yg agak keras agar cepat membuka dan menutupnya. Bahan pada plat katub sendiri macem2 ada yg menggunakan plat besi, plat fiber dan untuk merek2 racing menggunakan carbon fiber. Nah kali aja ada rekan2 yang nyoba eksperimen2 baru pada katub buluh biar performanya makin maksimal.. kalo sukses eksperimennya jgn lupa posting disini yah...

1 komentar:

  1. setuju bos, saya dah pake di motor raja saya lari nya dah kaya iblis, he..he..
    untuk karbu SP yang second banyak di Kenari Motor tuh..bengkel khusus builtup harga kira-kira 500an gitu...

    BalasHapus